Followers

Wednesday, August 14, 2019

MODEL PEMBELAJARAN STEM-PjBL

Di SMAN 1 Cigugur telah dikembangan model pembelajaran STEM-PjBL. Pembelajaran ini sangat cocok untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi peserta didik.

STEM merupakan akronim dari science, technology, engineering dan mathematics. Dalam proses pembelajaran, STEM merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana di dalamnya ada integrasi antara keempat subjek tersebut yang berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kriteria model Pembelajaran STEM-PjBL adalah sebagai berikut :
1. Engineering Design Process digunakan untuk mengintegrasikan Science, Mathematics dan Technology
2.     Siswa fokus pada pemecahan masalah kehidupan nyata atau tantangan engineering.
3.     Konten Matematika dan IPA berbasis standar, sesuai dengan level dan aplikatif.
4.   Siswa secara regular bekerja dalam tim untuk merencanakan, mendesain, membuat purwarupa atau produk kemudian menguji dan mengevaluasi serta merencanakan untuk berimprovisasi.
5.  Siswa menggunakan pendekatan komunikasi bervariasi untuk mendeskripsikan tantangan dan menyajikan hasil.
6.     Guru memfasilitasi pembelajaran berbasis inkuiri, berpusat pada siswa dan fitur-fitur investigasi hands-on.
7.  Kegagalan dianggap sebagai bagian alami dari proses desain dan langkah penting menuju pembuatan solusi yang sukses.
8.     Siswa dikenalkan karir STEM dan/atau aplikasi dalam kehidupan.
(STEM by Design, Anne Jolly, 2017)



Sintaks pada model pembelajaran STEM-PjBL :
•Reflection
•Research
•Discovery
•Application
Communication ***(Mm)



No comments:

Post a Comment