Di SMAN 1 Cigugur telah dikembangan model pembelajaran STEM-PjBL. Pembelajaran ini sangat cocok untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi peserta didik.
STEM
merupakan akronim dari science,
technology, engineering dan
mathematics. Dalam proses
pembelajaran,
STEM merupakan suatu pendekatan
pembelajaran dimana
di dalamnya ada integrasi antara keempat subjek tersebut
yang berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Kriteria model Pembelajaran STEM-PjBL adalah sebagai berikut :
1. Engineering
Design Process digunakan untuk
mengintegrasikan Science, Mathematics dan Technology
2.
Siswa fokus pada
pemecahan masalah kehidupan nyata atau tantangan engineering.
3.
Konten Matematika dan
IPA berbasis standar, sesuai dengan level dan aplikatif.
4. Siswa secara regular
bekerja dalam tim untuk merencanakan, mendesain, membuat purwarupa atau produk
kemudian menguji dan mengevaluasi serta merencanakan untuk berimprovisasi.
5. Siswa menggunakan
pendekatan komunikasi bervariasi untuk mendeskripsikan tantangan dan menyajikan
hasil.
6.
Guru memfasilitasi
pembelajaran berbasis inkuiri, berpusat pada siswa dan fitur-fitur
investigasi hands-on.
7. Kegagalan dianggap
sebagai bagian alami dari proses desain dan langkah penting menuju pembuatan
solusi yang sukses.
8.
Siswa dikenalkan karir
STEM dan/atau aplikasi dalam kehidupan.
(STEM by Design, Anne
Jolly, 2017)
Sintaks pada model pembelajaran STEM-PjBL :
•Reflection
•Research
•Discovery
•Application
•Communication ***(Mm)




No comments:
Post a Comment